Sabtu, 17 Oktober 2020

1. Sepuluh Menit Saham (tekhnikal) : Arah Pergerakan Grafik Saham

 Helo teman jiwa muda,

10 Menit Saham kali ini akan saya mulai dengan membahas dari hal paling dasar yang perlu diketahui soal tekhnikal saham, yaitu arah pergerakan saham. Ada empat arah dasar atau bisa disebut fase, yang harus dikenal.

1. Fase Datar (dasar)

   Jika kamu melihat dalam jangka waktu tertentu harga TIDAK bergerak terlalu jauh. Contoh : Dalam grafik harga harian, harga saham ABCD hari senin ditutup di 300 lalu esok 302, lusa 300 lagi, kamis ke 298, dst... Terlihat membentuk garis datar saja (tidak bergerak jauh dari hari ke hari). Ini adalah fase pertama, datar (dasar). 



2. Fase Menanjak

   Jika kamu melihat dalam jangka waktu tertentu harga bergerak NAIK. Contoh : Dalam grafik harga harian, harga saham ABCD hari senin di 300, selasa 308, rabu 312, kamis 320, jumat 324, dst... Terlihat membentuk garis menanjak (bergerak naik dari hari ke hari). Ini adalah fase ke-dua, menanjak ke atas.



3. Fase Datar (pucuk)

  Fase ke-tiga sebenarnya tak beda dengan fase pertama, harga TIDAK bergerak terlalu jauh juga. Yang perlu digaris bawahi adalah fase ke-tiga hanya dapat terjadi jika sudah terjadi fase pertama sebelumnya. Contoh : Dalam grafik harga harian, melanjutkan contoh diatas ya, setelah berada di harga 322, hari berikutnya naik menjadi 320, lalu 320, 322 lagi, dst... Jangan lupa ya, dikatakan fase ke-tiga apabila fase pertama sudah pernah terjadi sebelumnya.



4. Fase Menurun

   Jika kamu melihat dalam jangka waktu tertentu harga bergerak TURUN. Contoh : Dalam grafik harga harian, harga saham ABCD hari senin di 324, selasa 320, rabu 314, kamis 310, jumat 302, dst... Terlihat membentuk garis meurun (bergerak turun dari hari ke hari). Ini adalah fase ke-empat, menurun ke bawah.



   Perlu diingat bahwa tak ada periode pasti untuk setiap fase, bisa saja berlangsung cepat atau berlangsung lebih lama. Setelah ini yang akan dibahas adalah soal Gunung dan Lembah, silahkan klik di sini untuk membacanya.

  Terima kasih sudah membaca, semoga semua sahabat berjiwa muda mendapatkan pengetahuan tambahan juga ya. Jangan lupa baca artikel lainnya soal "10 Menit Saham" lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DATA SAHAM 27 OCT 2020

   Hari ini Tanggal 27 Oktober 2020 IHSG open dari 5133.53 dan tutup 5128.22, mencoba menembus resisten tapi berakhir tutup di bawah garis r...