Kamis, 15 Oktober 2020

Memulai Dunia Saham

   Halo sahabat jiwa muda dimana pun kalian berada. Awal mula perjalanan saya memasuki dunia pasar modal dimulai dari awal tahun 2019, Walau baru sebentar mengenal dunia saham, tapi sebenarnya saya sudah memulai mengenal investasi sejak saya masih kuliah disalah satu kampus desain swasta yang cukup terkenal di Jakarta.

   Wait.... desain?! 

   Ya desain, saya merupakan seorang sarjana seni. Tepatnya sarjana seni animasi jebolan Universitas Bina Nusantara.

   Awal saya mengenal investasi karena seorang teman yang saya kenal dari komunitas. Tepatnya ia adalah seorang guru beladiri. Orangnya sangat ceplas-ceplos dan to do point dalam mengajar. Cukup dekat di komunitas membuat dirinya suka sharing sedikit soal dunia investasi kepada saya.

   Eh! ... kembali ke cerita tentang saya :)

   Mengenal investasi sejak kuliah tak membuat saya dapat langsung memasukinya, alasan utama karena saya masih sangat bodoh soal pembenahan keuangan. Jangankan membeli instrumen investasi, mengatur uang makan saja masih berantakan.

   Seiring waktu berjalan, tak lama saya bekerja disuatu perusahaan yang bergerak dalam bidang foto dan video wedding, kantornya berada di apartmen sebuah mall. Setelah dapur keuangan saya mulai membaik, dengan bekal sisa gaji yang saya dapatkan dari bekerja inilah yang saya gunakan untuk mengawali perjalanan berinvestasi.

   Investasi awal saya ialah membeli uang dollar. Kenapa dollar, ini karena tepat di sekitar mall ada banyak bank yang menyediakan fasilitas penukaran uang. Setelah dollar saya juga mencoba mata uang lain, yen, yuan. Mencoba investasi emas, hingga reksa dana dan deposito.

   Semua berjalan sekitar 8 tahun hingga akhirnya pada awal februari 2019, saya berdiri di depan ruko yang bertuliskan Philip Sekuritas indonesia "POEMS". Di tempat inilah saya mendaftarkan diri untuk menjadi nasabah pasar modal pertama kalinya. 

Berikutnya akan saya ceritakan secara lengkap, bagaimana proses untuk mendaftarkan diri menjadi nasabah ya. :)

   Dengan ilmu seadanya soal pasar modal, saya mencoba memberanikan diri untuk membeli saham pertama saya dengan nama emiten INDY. Saya coba membeli sebanyak 3 jutaan rupiah, dan seperti biasa selalu ada dewi fortuna bagi para pemula yang sering disebut "Beginner Luck". Saya berhasil mendapat untung 10% keesokan hari nya. Sangat menggiurkan, satu hari saja 300rb, satu bulan? , satu tahun?!! Apa gak kaya raya!!, ini pikir saya waktu itu.

   Haha, ternyata tak seindah fikiran saya.

   Tanpa Ilmu memadai saya terus mencoba peruntungan dengan "menebak" emiten apa yang besok akan naik. Beginner Luck hanya bertahan hingga emiten ke 3 yang saya beli diminggu pertama. Setelah beberapa lama akhirnya saya pun merasakan kerugian yang belum terlaksana atau dikenal dengan sebutan Floating Profit. Karena inilah akhirnya saya mencoba mempelajari lebih dalam soal dunia pasar modal, sama seperti reksa dana yang memiliki dasar ilmu di dalamnya, saya pun percaya pasar saham memiliki dasar ilmu yang mirip. 

   Saat ini hampir sebulan saya masuk dalam pasar modal, dan saya tetap melakukan perdagangan saham dengan ilmu seadanya yang saya dapatkan dari Youtube. Hingga akhirnya saya menemukan istilah Fundamental. Memperdalam istilah Fundamental membuat saya dipertemukan kembali secara visual dengan teman saya dulu, seorang teman lama, guru, yang pernah mengajarkan saya soal dunia investasi beberapa tahun silam. Saat ini dia sudah sangat berbeda, memiliki prestasi yang sangat baik dalam dunia investasi; forex, emas, properti, hingga pasar modal.

   Segera saya mencari nomor dia di handphone saya. Ternyata nomor dia yang saya simpan masih aktif, dari percakapan itu pas sekali ternyata dia akan mengadakan seminar - workshop soal Fundamental ini. Saya pun mengikuti seminar ini 2 hari lamanya. Mudah?? Langsung bisa!? tentu tidak semudah itu sahabat jiwa muda. Tak menyerah pastinya, saya malah makin tertarik dengan dunia persahaman ini.

  Seiring waktu berjalan, saya makin sering mengikuti seminar dan membeli berbagai judul buku untuk saya pelajari hingga saat ini. Dunia baru yang menyenangkan. Saya sunggu jatuh hati dengan dunia pasar modal.

Inilah perjalanan awal saya di dunia pasar modal, dunia bisnis yang sangat simple tapi begitu kompleks. Pada artikel lain akan saya ceritakan masalah dan hal menyenangkan lainnya. 

Sampai jumpa sahabat jiwa muda. Terima kasih telah membaca hingga akhir.


Artikel lainnya

1. Sepuluh Menit Saham (tekhnikal) : Arah Pergerakan Grafik Saham

2. Sepuluh Menit Saham (tekhnikal) : Gunung dan Lembah

3. Sepuluh Menit Saham (tekhnikal) : LL HH LH HL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DATA SAHAM 27 OCT 2020

   Hari ini Tanggal 27 Oktober 2020 IHSG open dari 5133.53 dan tutup 5128.22, mencoba menembus resisten tapi berakhir tutup di bawah garis r...