Senin, 19 Oktober 2020

2. Sepuluh Menit Saham (tekhnikal) : Gunung dan Lembah

   Halo sahabat jiwa muda,

   Sebelumnya kita telah mempelajari soal fase-fase dalam pasar saham, materi itu menjadi dasar sebelum saya melanjutkan bahasan berikutnya, yaitu tentang gunung dan lembah pada grafik saham. 

   Gunung dan lembah?! Ini pelajaran saham apa pelajaran menggambar sih Virgi?. Eits sahabat jiwa muda jangan terburu-buru dulu. Betul kok pada grafik saham jika diperhatikan maka akan terlihat gunung dan lembah. Pada pelajaran sebelum nya kita akan kenal 4 macam fase, untuk kali ini saya singkat setiap fase menjadi; F1, F2, F3, dan F4 untuk memudahkan penulisan.

   Okei, saya bahas mulai dari gunung ya, tahu dong bentuk gunung itu seperti apa? Hihi kalau masih tak terbayang, pikirkan saja segitiga. Ya sesuatu yang bentuknya menjulang ke atas. 

  GUNUNG pada grafik saham adalah terbentuknya F2, F3 lalu F4. Perlu diingat bahwa periode tidak lah penting dalam sebuah fase jadi F3 bisa terjadi secara cepat. Bahkan dibeberapa kejadian periode F3 bisa terlihat seperti tidak terbentuk.


   Berikutnya akan saya bahas adalah kebalikan dari bentuk Gunung, biasa di sebut lembah. bentuk lembah seperti huruf "U" atau "V".

   LEMBAH pada grafik saham adalah terbentuknya F4, F1 lalu F4. sekali lagi bahwa periode tidak menjadi faktor utama pada sebuah gase, jadi F1 bisa terjadi secara cepat. Bahkan dibeberapa kejadian periode F1 bisa terlihat seperti tidak terbentuk.


   Gunung dan lembah adalah hal dasar yang perlu kalian ketahui sebelum kita memasuki pembahasan berikutnya yaitu soal tentang gabungan gunung-gunung dan lembah-lembah pada suatu grafik saham. Dengan istilah yang akan lebih dikenal yaitu HL, HH, LH, dan LL. Apa lagi sih ini Virgi?! sudah mulai pusing nih. Harap tenang sahabat berjiwa muda, tidak sesulit yang kalian bayangkan kok, jika sudah siap silahkan baca di sini ya. 

   Terima kasih sudah membaca, semoga semua sahabat berjiwa muda mendapatkan pengetahuan tambahan juga ya. Jangan lupa baca artikel lainnya soal "10 Menit Saham". 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DATA SAHAM 27 OCT 2020

   Hari ini Tanggal 27 Oktober 2020 IHSG open dari 5133.53 dan tutup 5128.22, mencoba menembus resisten tapi berakhir tutup di bawah garis r...